Tujuan

TUJUAN FUNCTION ROOM

        

1.Tujuan Umum
Ada beberapa tujuan umum diadakannya function room di tiap-tiap hotel, diantaranya :
• Sebagai ajang mempromosikan nama hotel itu sendiri
• Memperkenalkan dan meningkatkan usahanya dalam bidang function
• Meningkatkan pendapatan hotel
• Agar dapat melayani dan melaksanakan pesanan tamu dengan baik
• Agar dapat memberikan yg terbaik dan meninggalkan kesan yg indah

2.Tujuan Khusus
Berikut beberapa tujuan khusus kita dalam mempelajari function room :
• Ilmu yg mempelajari tentang functiom room masih sedikit diketahui orang, maka dari itu kita harus mempelajarinya agar dapat mencari peluang pekerjaan dalam dunia industri
• Ilmu ini juga dapat menambah wawasan dalam bidang pariwisata
• Jika kita telah mempelajari function room, kita dapat menyiapkan ruang-ruang rapat dan perjamuan lainnya
• Kita juga dapat memberikan pelayanan yg memuaskan bagi pihak hotel maupun tamu tersebut
• Secara tidak langsung setelah mempelajari buku ini kita dapat memajukan dunia pariwisata dan perhotelan
• Agar dapat bekerja dengan baik dan menghindari kesalahan-kesalahan dalam kerja

Pengertian Function Room

               

A. Pengertian Function Room

Function room adalah suatu ruangan yg digunakan untuk kegiatan penyelenggaraan rapat/meeting ,bonus perjalanan (incentive), pertemuan (convention), pameran (exhibition), perjamuan (function) pada periode dan tujuan tertentu yg telah diatur sedemikian rupa dengan standar nilai jual bisnis hotel, untuk menyelenggarakan acara-acara yg diadakan tamu tersebut.

Function Room di hotel-hotel berbintang selalu diberi nama. Pemberian nama function room merupakan trik bagi hotel untuk meningkatkan upaya marketing atau pemasaran, baik dalam maupun di luar negeri. Nama-nama yg dipakai berasal dari kata-kata international maupun tradisional .Function Room dalam persiapannya sangat memerlukan management layanan yg baik karena dalam penyelenggaraan suatu kegiatan. Tamu bukan membutuhkan ruang rapat saja, tetapi tamu memerlukan kebutuhan lainnya seperti makanan, tempat tidur, tour dan kenangan yg saling terkait. Pengaturan management yg baik akan menghasilkan pendapatan yg memuaskan bagi hotel dan membentuk kesan dan nama baik hotel di mata tamu.

Management layanan yg baik membawa dampak positif bagi hotel diantaranya :

  • Meningkatkan persentase pesanan ruang rapat/seminar
  • Meningkatkan pembayaran pertamu atas konsumsi di restoran
  • Pembagian tugas lebih baik
  • Perencanaan dan pelaksanaan lebih mudah karena jumlah tamu telah diketahui sebelumnya
  • Di samping ruang rapat, tamu menggunakan fasilitas hotel lainnya
Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s